Selasa, 03 April 2012

sebuah kenangan di diklat smagapala pada tahun 2007

hari ini saya tiba2 ingin menulis catatan perjalanan saya di acara diklat smagapala untuk menjadi anggota penuh.tanggal 9 -12 juli 2007 adalah tanggal saya mendaki gunung pertama kali ini.gunungnya adalah arjuna welirang.tanggal da hari saya lupa.saya hanya mencoba mengingat memori saya yang terbatas tentang perjalanan saya dulu sekitar tahun 2007 pertengahan tahun (kalau ndak salah)
hari 1
pendakian di mulai di stasiun lamongan kota. angkatan saya ada sepuluh orang di tambah 2 angkatan atas sebagai peserta sekaligus panitia.dan beberapa alumnus (seingat saya yang ikut mas danang,mas eli, mas eko dan mas agung jika ada yang belum kesebut dan salah mohon maaf karena keterbatasan memory). saya, ferry, dhita, qoyum, mas anang, mas zafi, putri, evvy, puji, nenny, triyoto dan ableh.
kami naik bis menuju bunguhrasih dan di lanjutkan ke bis jurusan malang turun pandaan, dari pandaan nyewa angkot ke pos perijinan pendakian. berangakat seingat saya adalah jam 07.00 dari lamongan. sekitar jam 12.30 sampai pos perijinan (hal ini di karenakan waktu itu kami sholat zuhur di perijinan) dan saya masih ingat betul kami mulai naik sekitar jam 13.30 menuju kopkopan.perjalanan sungguh menyenangkan karena ini perjalan pendakian pertama saya dan kita istirahat di warung deket wit gedhe merasakan bagaimana nikmatnya ote – ote gunung.perjalanan di lanjutkan kembali menuju kopkopan.setelah melakukan perjalanan yang menyiksa menurut saya waktu itu kami tiba di kopkopan jam 19.00.buka tenda (tenda masih tenda pramuka kami masig harus mencari kayu penyangga di pepohonan sekitar kop kopan. camp kami dekat tandon air yang berbahan dasar smen di kopkopan.beberapa alumnnus tidur dome.dome bawa 2 kami. satunya di pakai yang cewek.malam itu saya tidur dengat sangat tersiksa sekali.badan saya keram dan capek semua (saat itu ada setan yang muncul dan mengusulkan saya untuk berfikir bahwa saya menyesal mendaki gunung.hhhh tapi sekarang malah ketagihan).kejadian malam itu yang masih say ingat adalah malam2 ada yang kentut sehingga gas beracunya membuat satu tenda mau muntah.malam yang penuh kenangan
hari 2
pagi2 saya sudah bangun karena tidur pun tidak nyenyak gara2 keram.semalaman saya ada perasaan dongkol dengan keadaan seperti itu namun pagi hari semuah runtuh karena sunrise dan coklat panas.ya sun rise dan coklat panas yang membuah perasaan jengkel saya runtuh.indah, nyaman, enak yang saya rasakan pagi itu.buat alumnus yang ngasih coklat panas terimakasih (saya lupa yang ngasih, kayaknya mas agung. thx mas).acara masak2 pakek kompor lapangan dari kaleng bekas.mie adalah makanan terlezat di dunia saat itu karena perut kami sudah keroncongan sekali.hahahah makan kelar packing kembali untuk melanjutkan perjalan kepondokan.kejadian unik saat itu saya dan rombongan lain sudah selesai makan tapi ada satu peserta yang belum bangun masih tidur.tenda yang masih berdiri kami robohkan saja meskipun ada manusia masih tertidur disana, dan bukanya bangun utnuk makan si ableh malah dengan hebohnya lari ke sungai karena perutnya bermasalah dan terjadilah musibah keluarnya zat yang seharunya tidak keluar di celananya.hahahahahahah sumpah saya samapi hari ini kalo ingat itu saya ngakak. itulah alkisah terjadinya SAPITENG
beres2 kelar jam 09.00 waktu kopkopan kami berangkat nanjak ke pondokan !!!
jalanan kesana masih perawan bukan sperti keadaan sperti hari2 ini yang sudah ada jalan hartop !!! saya rindu jalan itu. T.T
kami melewati jalan yang dilalui air.sangat asri dan perawan kami isitirahat di watu pecah.hari kedua saya lebih kuat dan nyaman daripada hari pertama. jam 12.30an kami sampai pondokan. dingin sekali coy dan beberapa pondokan pembawa belerang kosong.kami tempatin 1 yang kosong untuk tidur.hehehe.
masak – masak di suasana yang dingin di pondokan.disini juga ada aliran sungai.sekitar jam 15.30 sudah masuh pondokan dan tenda yang di bangun di depan tenda.tidur lebih nyaman deari hari yang pertama
kejadian tak terlupakan : saat masak nasi ableh mencapur nasi kami yang sudah hampir matang dengan tanah.kok bisa? ya bisa wong dia lagi nggali lubang di sebelah tungku masakan kami ya tanahnya muncratnya ke nasi . hidup ableh !!!.
yang kedua ketika makan siang sangkingnya dinginya mas danang kalo makan kepalanya dan mulutnya yang mendekatkan ke sendok. kan seharunya sendok yang nyamperin mulut untuk makan
tidur dan tidur.dingin dan dingin
hari 3
tujuan kami adalah puncak !!! yeah
makan dan packing tas carrier kami bawa karena ndak ada yang njaga di pondokan.
dari pondokan ke arah kanan ( kiri —>> menuju arjuna). hutan cemara masih mendominasi perjalan kami.setelah hutan cemara dan pinus sudah terlewati jalan semakin menanjak sekali – kali bertemu dengan penambang welirang. sampai batas vegetasi sekitar jam 11 siang.saya melihat mahameru dari jauh dan sungguh indah (dan di mulai dari situ saya berjanji pada diri saya sendiri bahwa suatu saat akan ke mahameru !!). setelah batas vegetasi kami di tinggal mengikuti jalur penambang belerang namun itu muter jauh. ada salah satu alumnus untuk menawarkan lewat jalur lain yang lebih seru dan cepat. jalur ini saya ndak temukan lagi di pendakian2 berikutnya mungkin jalanya sudah tertutup.
13.00 siang (seingat saya begitu) puncak welirang !!!! nangis,bahagia, terharu campus jadi satu pokonya.lagu syukur juga menohok hati nurani kamu untuk menyanyikan dengan khidmat !! syukur pada tuhan karena masih di beri nyawa, masih di beri kesempatan melihat kebesaran tuhan dan masih di beri kesempatan bahwa saya harus bangga dan cinta indonesia apapun keadaan negara ini.saya kembali teharu menuliskan bagian ini. saya mencintai smagapala dan saya mencintai bumi ,indonesia beserta isinya. maha besar allah.
upacara dan penyerahan dari scraft muda ke scraft tua.
turun dnegan cepat karena perut ingin menyelesaikan hutangnya untuk stor pupuk alami.pondokan jam 15.00 perjalanan lancar. dilanjutkan langsung ke kopkopan dan ngecamp disana
sampai di kopkopan sekitar jam 18.00 cari pondokan penambang yang kosong dan tetap bikin tenda dome.dingin lagi keram lagi,hahahaha malanya karena ndak bisa tidur saya mendengarkan mas zafi dan mas anang sesi curhat di tenda dome.hanya bertiga.lainya tidur di gubuk.
hari ke empat
bangun pagi dengan semangat baru !!.packing, masak dan hal2 yang berkaitan kegiatan camping di pagi hari.jam 09.00 pagi pulang turun
bersih2 gunung sepanjang perjalanan pulang ke perijinan.jam 11.00 sudah sampai bawa dan pulang ke lamongan dengan jalur kendaraan yang sama ketika berangkat.