Senin, 02 April 2012

LINGKUNGAN DAN PERMASALAHANNYA


Industialisasi,globalisasi dan modernisasi mungkin adalah musuh utama yang harus di hadapi oleh lingkungan hidup pada masa ini.lingkungan hidup mungkin bukan menjadi lahan yang basah untuk di pikirkan secara mendalam di negara ini.masalah lingkungan hidup mungkin termajinalkan oleh masalah – masalah yang lebih trend di masyarakat seperti korupsi,teroris dan hal – hal berita yang sangat basah untuk dijadikan santapan masyarakat umum.namun masalah lingkungan hidup adalah bom waktu yang siap meledak kapan saja tanpa ada yang tau dan pastinya akibatnya sangat terasa untuk negara ini contohnya : banjir bandang wasior,situ gintung,lumpur lapindo,longsor,banjir dan masih banyak lagi bencana alam yang terjadi akibat kelalaian kita terhadap betapa pentingnya lingkungan hidup.
Negara indonesia adalah negara dimana letaknya sangat strategis di kathulistiwa,ada dua benua dan dua samudra yang mengapitnya,dan terletak di tiga lempengan kerak bumi.dilihat dari keadaan geografis yang sangat strategis tersebut maka sudah jelas kekayaan hayati maupun non hayati sangat tinggi.sumber daya alam yang ada di indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.keadaan semacam ini merupakan nilai positif yang dimiliki indonesia asalkan pemanfaatnya dapat seoptimal mungkin.indonesia yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah tidak luput dari arus globalisasi yang ada di dunia pada era ini.negara – negara maju melihat potensi sumber daya alam di indonesia dapat di kiaskan seorang bajak laut menemukan harta karun yang telah lama hilang.sehingga dampak tersebut dapat kita lihat secara sederhana dengan banyaknya perusahaan asing transnasional berlomba – lomba untuk memanfaakan sumber daya alam yang ada di indonesia seperti freeport,newmont raya dan perusahaan lainya yang aslinya berada di negara – negara maju.
Dampak yang terasa dari eksploitasi tersebut adalah masalah lingkungan hidup biasanya terpinggirkan oleh kepentingan ekonomi yang harus dipenuhi oleh perusahaan – perusahaan yang  meksploitasi kekayaan di negara indonesia.pencemaran lingkungan yang di lakukan perusahaan – perusahaan tersebut beragam mulai yang dapat di atasi maupun ada yang tidak dapat diatasi hingga sekarang seperti lumpur lapindo.
Permasalahan lingkungan yang terjadi di indonesia tidak cukup sampai di situ saja.permasalahan hutan kita pun juga memperburuk kondisi lingkungan di indonesia. green peace pada tahun 2008 menaksir bahwa hutan indonesia 3,8 juta hektar / pertahun hilang.padahal indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia namun dengan prestasi tersebut indonesia dapat dikatakan gagal mempertahankan salah satu cara untuk mengerem dampak global warming dunia yang seharusnya tak akan terjadi jika manusia di dunia ini lebih peka dan tanggap tentang permasalahan lingkungan yang ada.hutan – hutan tropis di indonesia dikalahkan dengan kepentingan ekonomi yang di tekan oleh globalisasi yang sekarang menjadi trendcenter gaya hidup masyarakat.hutan tersebut diambil kayunnya dan diganti tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi yaitu penanaman kelapa sawit.
Penanaman kelapa sawit adalah bukan hal yang baru di negara kita. hampir seratus tahun progam penanaman kelapa sawit yang tujuannya jelas untuk kepentingan ekonomi  sangat memarjinalkan hutan di negara kita. Kerusakan hutan yang cukup parah tentu saja  memberikan dampak yang sangat berarti untuk kelangsungan species di indonesia. kelangsunngan hewan – hewan langka sangat merasakan dampak yang ada kita ambil saja orang hutan yang hampir punah karena kayu yang mereka tempati habis dan contoh lainya kita ambil harimau sumatra yang speciesnya sangat kecil sekali yang dapat hidup dialam bebas karena tempat hutan untuk mereka berburu telah hilang dan di gantu dengan kebun – kebun kelapa sawit sehingga jangan heran jika anda membaca berita ada harimau yang masuk ke pemukiman warga karena dia sudah menjadi “tunawisma”.
Permasalahan lingkungan pun tidak selalu harus di pikirkan oleh pemerintah dan perusahaan namun juga harus menjadi permasalah bersama dengan masyarakat itu sendiri. Peran masyarakat sejatinya merupakan peran kunci yang penting karena secara kuantitas masyarakat jelas memiliki jumlah yang lebih besar dan mengalami dampak masalah lingkungan secara langsung daripada yang dirasakan oleh pengusaha dan pemerintah sendiri.potensi kesadaran masyarakat sendiri tentang pentingnya lingkungan hidup harus benar – benar di tumbuhkan hal ini pemerintah dan pihak swata (pengusaha) hmengambil peran untuk menumbuhkan pemahaman tentang lingkungan hidup.
Pemahaman tentang pentingnya lingkungan hidup yang dimiliki masyarakat juga sangat mempengaruhi keadaan lingkungan hidup itu sendiri. Telinga kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ilegal logging, ilegal mining, ilegal fishing istilah tersebut merupakan kasus – kasus yang paling tampak di masyarakat. kejahatan – kejahatan yang dilakukan tersebut merupakan bentuk kejahatan yang kebanyakan bukan dilakukan oleh perusahaan yang legal secara hukum yang sudah tentu memiliki ijin dalam melakukan usahanya.kejahatan tersebut memiliki skala lebih kecil namun memiliki kuantitas cukup besar yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok – kelompok kecil di masyarakat itu sendiri. perambahan hutan bukan hanya dilakukan oleh perusahaan yang memiliki ijin saja namun masyrakat sekitar yang mengetahui bahwa hasil hutan memiliki nilai ekonomis yang tinggi yang mereka lihat dari keuntungan perusahaan yang meksploitasi hutan mereka dan itu menghipnotis masyarakat untuk membabi buta megksploitasi hutan mereka sendiri tanpa memperhatikan lingkungan dengan cerminan keuntungan perusahaan pengeksploitasi hasil hutan  tersebut.
Maka perlu dilakukanya penyadaran masyarakat secara masive yang dilakukan secara kordinasi antara pemerintah,pihak pengusaha dan LSM untk membina masyarakat tersebut. Cara seperti ini mungkin merupakan cara yang paling sederhana untuk keberlangsungan lingkungan hidup kita kearah yang lebih baik.akhir – akhir ini banyak kota yang juga menggalakan progam go green yang perlu sangat di apresiasi usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat.semoga pemerintah pihak swasta dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya lingkungan hidup untuk kehidupan yang lebih baik dan sudah terlambat untuk pesimis tentang penyelamatan lingkungan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar