Selasa, 17 April 2012

coretan perjalanan ke cagar alam pulau sempu

Salam lestari
pada tanggal 12 -14 kemarin saya berkesempatan untuk berkunjung ke cagar alam pulau sempu. coretan ini merupakan rangkuman dari perjalanan singkat saya di pulau yang terletak di pulau jawa ini.

12 april 2012
Jam 4 pagi waktu lamongan saya sudah terbangun dari tidur untuk segera mempersiapkan diri ke pulau sempu bersama rombongan dari jogja (doyok, husna, ranggi, fahmi, bagus,dan rahmat ) yang dari semalam jam 23 mereka berangakt dari jogja . ternyata persiapan saya terkendala oleh hal lain di luar kemampuan saya  yaitu orang yang nganterin saya ke bungurasih ternyata belum datang kerena ketiduran dan akhinya baru jam 6.15 saya bisa meluncur dari rumah karena yang jemput sudah datang.hhhh (rombongan jogja sudah menunggu di terminal)
07.15 sampai di terminal bungurasih !! yeah ketemu dengan gerombolan powerranger dari jogja, langsung aja tancap ke malang dengan  media transportasi bis. biaya perorang untuk bis ini adalah 10ribu turun di terminal arjosari. perjalanan ke malang merayap merambat karena harus melewati jalur porong yang ada kolam terbesar di asia tenggara bahakan dunia yaitu kolam lumpur lapindo.
09.45 sampai di arjosari malang (teringat saat waktu saya kesemeru) sambil istirahat sebentar  kami menunggu ari zaki yang ada kepentingan untuk mengambil beberapa berkas dari mas dhika sekitar jam 10.10 kami baru keluar dari arjosari menuju pasar turen dengan mengendarai angkot yang sudah kami bajak dengan biaya perorang 10ribu.
12.00 sampai di pasar turen kawan !! kegiatan kami hanya makan , nambah logistik dan cari mobil menuju sendang biru .dapet angkot agak mahal PP kami kena per orang 35ribu.wah emang ndak bisa nawar kita.13.00 menuju sendang biru dengan mobil chary yang di isi 17ORANG !!.amazing !!!.jalan berliku turun naik dengan supir angkot yang mengendarai mobil tanpa hand rem cuma modal gas dan rem saja.
14.00 sampai di rumah bu mamik di pantai sendang biru di sini kami juga mengurus perijinan ke pualu sempu. perijinan 7 ribu per orang, prahu nelayan ke sempu tarifnya 100ribu per prahu PP dan kami disni beli ikan tuna sirip kuning dengan harga 17ribu perkilogram.

NB : pesen dari Bapak yang jaga kawasan cagar alam kita harus ijin ke BKSDA di bahwa kemenhut di surabaya namun saya sendiri belum tahu prosedurnya sehingga saya menyelesaikan ijin di tempat
15.30 menuju ke teluk smut dengan prahu dan pemandangan sore sangat sayu menemani kami yang akan menuju kesana.
15.45 sampai di teluk semut langsung tancap ke segara anakan perjalanan di mulai dengan melewatin hutan mangrove dan masuk ke hutan tropis dengan jalur yang cukup menyiksa karena jalanan berlumpur apalagi diantara kami belum pernah ke pulau ini sebelumnya sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 1 setengah jam dengan jalan santai ngesot

17.00 sampai di segara anakan.pantainya bener2 keren.hahaha.saat semua tim sudah kumpul saatnya bagi tugas. mendirikan tenda,masak,dan cari kayu bakar
18.30 setelah semua siap saatnya pesta pantai .makanan kami hari ini adalah nasi goreng ala chef jomblo, ikan tuna di bagi menjadi dua (ada yang di bakar ada ada yang cuma di beri cuka) wah pokoknya kita pesta malam ini.tuna bakar sungguh memanjakan kami apalagi dengan teh hangat ala samudra hindia hahaahah. setelah makan waktu kami haibskan dengan sesi hiburan ( casino pantai dan karaoke karang) dan sesi tanya jawab (antara peserta)
sekitar jam 00.00 mata sudah lelah dan tubuh sudah ngantuk sehingga kami putuskan untuk kembali ke alam yang paling privasi di dunia ini yaitu alam mimpi . :)

13 April 2012
sekitar jam 05.00 si fahmi sudah teriak teriak minta di temenin padahal semua anggota powerranger lagi menikmati indahnya pagi di dalam tenda.

jam 06.00 semua penduduk sempu (manusia hanya kita bertujuh di pulau ini) bangun karena fahmi teriak ada kera di atas tenda kami.tapi ternyata keranya jauuuhhhhhhh di belakang tendah kami.
karena ndak bisa tidur kembali saatnya masak pagi dan bersenang - senang di pantai. hahaha .laut belum pasang di pantai segaara anakan \jadi kami bisa jalan2 ke tengah danau (ingat bukan berenang tapi jalan2) setelah puas bermain air kami pun masak.masak hari ini adalah  sup saparagus .yeah buka karena kami ndak bawa bekal tapi ya emang kami kekurangan air sehingga harus benar2 hemat.hehehehe
jam 08.00 kami berolahraga dengan main bola.yeah!!
menikmati indahnya pantai di bawah pohon sungguh menyenangkan kawan
saat yang paling meyebalkan adalah ketika enak - enak males2an tapi ada yang menggangu itu lah yang terjadi pada kami sekitar jam 12.15 ada gerombolan monyet ekor panjang mencuri  logistik kami untuk mata elang saya melihat.dan saya teriak ono kethek...........!!!!!!!!
anggota tim pun akhirnya berjaga - jaga dengan bawa senjata untuk mengatasi pasukan sun go kong agar ndak mencuri barang kami lagi.
NB : barang yang telah hilang adalah kerupuk nikmat di bang baron dan telah berkurang vaseline miliknya dhika.
sekitar sentegah jam berjaga2 bala bantuan manusi telah datang (maksudny pengunjung lain) dari jogja ugm dan jurusan FIB menyusul di tempat kedua dari malang dengan jumlah personil 4 cewek dan 1 laki2 jadi - jadian.
karena suasana sudah kondusif dan  pasukan monyet sudah pergi kami putuskan untuk tidur kembali disisi barat pantai.zzz
14.30 tiba - tiba kebangun dan saatnya mandi !!!! pelatih renang Prof. RANGGI S.Jomb dan muridnya saya rahmat dan fahmi. sementara bagus dan husna pengunjung biasa. mandi renang dan minimati air laut.ya sore hari yang nikmat. dan disini dokumentasi kami terhenti camera kehabisan baterai
16.00 setelah bersih - bersih dari mandi siang maka kami bersiap2 menyambut petang hari
18.00 masakan kita hari ini adalah mi goreng spesial direbus pakek air laut, kornet ditambah sarden campur sosis.hahaha. di jam segini ada rombongan yang ngecamp di pulau sempu dari malang berjumlah 3 tenda
19.00 malam spesial dengan lagu dewa dan diskusi panjang tentang kehidupan dan agama
23.00 setelah selesai berdikusi kami putuskan untuk tidur karena besuk pagi2 kami akan kembali ke pulau jawa

14 April 2012
06.30 bangun pagi dan kembali masak.pagi ini kami hanya masak sarden saja lumayan untuk penambah energi.bersih camp dan siap2 pulang

07.45 menuju ke teluk semut dan perjalanan lebih cepat dari berangkatnya.kira - kira hanya 1 jam saja
08.45 kami  menunggu jemputan di pulau sempu
09.40 pantai sendang biru , mandi, minum kelapa muda dan bersih2 diri
11.15 menuju ke pasar turen dengan angkot yang sudah di boking
12.30 sampai di turen makan dan istirahat sebentar
13.30 menuju arjosari  perorang 10 ribu dengan tarif membajak angkot
14.30 sampai di arjosari istirahat  dan ngecharge HP dan mengisi perut kembali
15.45 sudah di bis menuju surabaya 10 per orang

18.00 sampai di terminal bungrasih dan harus menunggu karena penumpang lagi banyak sekali
19.00 akhirnya dapat bis dan menuju tarif 38 ribu / orang jogja
02.30 sampai di jogja dengan selamat tidur di rumah rahmat

15 April 2012
09.00 sampai di kontrakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar