Sabtu, 19 Mei 2012

Gunung Ungaran via pos mawar


salam lestari,

kali ini saya akan menegenalkan gunung ungaran di daerah bandungan deket semarang, lumayan buat mountaineerss untuk hiking ceria menghabiskan akhir pekan secara singkat namun bisa nanjak ke gunung.
Gunung Ungaran adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia. Dengan ketinggian 2.050 meter. Gunung Ungaran termasuk gunung berapi berapi tipe strato. Gunung ini memiliki tiga puncak: Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak tertinggi adalah Ungaran.
Dari puncak gunung ini, jika memandang ke utara akan terlihat Laut Jawa sedangkan jika membalikkan badan, akan terlihat jajaran (dari kiri ke kanan) Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Kendalisodo dengan Rawa Peningnya, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Perahu.
Gunung Ungaran mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Di lerengnya terdapat situs arkeologi berupa Candi Gedongsongo (Bahasa Jawa: gedong = gedung, songo = sembilan). Terdapat pula beberapa air terjun (curug), di antaranya Curug Semirang dan Curug Lawe. Juga terdapat gua, yang terkenal dengan nama Gua Jepang. Gua ini terletak 200 meter sebelum puncak, tepatnya di sekitar perkampungan Promasan (perkampungan para pemetik teh). Di sini terdapat pula reruntuhan bekas pemandian kuna.  

POS MAWAR

Saya akan memilih salah satu jalur saja untuk menuju ke puncak ungaran yang menurut saya sangat cocok untuk di coba, yaitu lewat pos mawar.
Jika anda dari arah jogja maka  ketika masuk di pintu kota ambarawa anda tanya saja ke arah menuju ke bandungan. Nanti tanya lagi pasar jimbaran dan ingin mendaki gunung ungaran.pasti masyarakat akan menujukan dnegan senang hati (asal tanyanya dengan sopan).dari pasar jimbaran anda masih haru naik dan melewati kolam renang umbul  sidomukt yang terkenal dengan  flyngfoxnya yang tertinggi se indonesia (browsing di internet).setelah melewati sidomukti  naik terus samapi dirumah paling ujung di jalan.dan anda telah samapi di pos mawar.
Pendakian di mulai dengan hutan cemara dan pinus yang sudah mulai gundul. Dari area ini jika cerah kita bisa meliha rawapening dari kejauhan. Perjalanan akan di lanjutkan dengan menelusuri jalan setapak yang agak landai dengan sisi kanannya jurang. Jika perjalanan lancar sekitar  45 menit maka kita sudah samapi di sungai kecil di dalam hutan. Menurut saya ini sungai  nya lumayan bagus, kita bisa beristirahat dangan mengambil air di sini.

Setelah sungai tanjakan siap menanti.di lanjtukan lagi dengan jalur hutan lagi sampai kita menemukan pemukiman dan sebuah kolam renang di tengah hutan (perjalanan kira – kira setengah jam).hhaha. setelah melewati kolam renang tersebut, pendaki akan di suguhi pemandangan kebun kopi dan kebun teh yang sangat indah. Puncak gunung ungaran jika cerah sudah terlihat dari kebun teh tersebut, kita juga dapat melihat desa promasan yang berada di tengah – tengah kebun teh.

Jalan yang semulanya datar berubah menjadi tanjakan  untuk menuju ke puncak ungaran. Memasuki hutan sekitar satu jam lima belas menit dan vegetasi  sabana dengan jalan semak dan rerumputan.jika kita beruntung kita  dapan melihat  kera beerwarna hitam (lutung mungkin). Jika kita naik pada malam hari dan cuaca lagi carah di jamin dapat melihat laut jawa di hiasi lampu – lampu kapal  yang romantis dan gemerlapnya kota semarang 

3 komentar: