Jumat, 01 Juni 2012

Mangrove dan manfaatnya


Mangrove

Menurut food and agricultural organization (FAO 2003) mangrove adalah vegetasi yang tumbuh di lingkungan di sekitar pantai yang dapat di temui di garis pasntai tropika dan sub tropika yang bisa memiliki fungsi – fungsi sosial ekonomi dan lingkungan.
Fungsi mangrove dapat di kategorikan menjadi tiga, yaitu fungsi biologis/ekologis, fungsi fisik dan fungsi sosial ekonomis..fungsi ekologis ialah fungsi dimana hutan mangrove sebagai sebuah ekosistem terdiri dari komponenbiotik dan abiotik. Adanya hutan mangrove memeiliki nilai penting bagi kehidupan flora dan fauna yang hidup di daerah sekitar pantai . fungsi fisik ialah hutan mangrove memiliki peranan penting dalam melindungi pantai dari gelombang besar, angin kecang dan badai.
Sedangkan, menurut kusmana dkk (2003) fungsi fisik ini di bagi menjadi 5 fungsi pokok keberadaan hautan mangrove yaitu pertama menjaga garis pantai dan tebing sungai dan erosi / abrasi agar tetap stabil, kedua, mempercepat perluasan lahan, ketiga mengendalikan intrusi air laut, keempat melindungi daerah di belakang hutan mangrove dari hempasan gelombang dan angin kencang dan kelima mengelolah limbah organik.
Fungsi sosial ekonomi ini ialah hutan mangrove dapat dimanfaatkan oleh masyrakat untuk di gunakan sebgai alat pertambahan ekonominya namun pengelolaanya harus tetap memperhatikan kelestarianya. Adanya hutan mangrove dapat pula menciptakan lapangan perkerjaan baru bagi masyarakat sekitar hutan mangrove.contohnya saja pembangunan lokasi ekowisata mangrove.

Manfaat hutan mangrove
Manfaat hutan mangrove dapat dilihat dari kegunaan yang dapat di berikan bagi kehidupan manusia. Ekosistem hutan mangrove secara keseluruan dapat di manfaatkan sebagai lahan tambak , lahan pertanian dan kolam garam hal ini juga terjadi pula di lahan mangrovebeberapa daerah di indonesia dan yang kedua sebagai lahan pariwisata yang berarti potensi yang dimiliki oleh mangrove menawarkan keindahan alamnya .bentuk wisata yang dapat di jadikan produk untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke wisata hutan mangrove adalah memancing, berperahu, pengamatan satwa, lintas alam mangrove, pengamatan matahari terbit dan terbenam (cecep dkk. 2003)
Selain itu manfaat yang diberikan hutan mangrove  dapat di lihat dari aspek fauna dan floranya contohnya pemanfaatan pohon untuk kayu bakar dan adanya fauna laut  yang hidup di sekitar mangrove. Pengelolaan dan penataan hutan mangrove ini agar pemanfaatanya dapat berkelnajutan tentu harus melihat dari aspek kelesarianya juga.

daftar pustaka
Kustanti asihing. 2011, manajemen hutan mangrove, BOGOR : IPB Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar